Pantai Sadranan

Main ke Pantai Sadranan Yogyakarta! Cek informasi tentang harga tiket masuk, alamat lokasi, rute, fasilitas, dan hotel terdekat di sini.

pantai sadranan

Kelebihan dari daerah yang berdekatan dengan laut lepas adalah potensi wisata pantainya yang indah.

Jogja yang notabene berbatasan dengan Samudera Hindia (pantai selatan) dianugerahi banyak pantai-pantai — mulai dari yang super populer, sampai yang tersembunyi — yang bisa Anda datangi dan jelajahi.

Salah satunya bernama, Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan Yogyakarta

Senada dengan “koleksi” pantai di teritori selatan Jogja, Pantai Sadranan pun siap membius Anda dengan pasir putih pantai dan karang koral yang penuh pesona.

Psst, ini rahasia ya.. pantai ini termasuk pantai yang masih tergolong sepi lho. Buruan kalau mau wisata pantai tanpa berdesakan dengan orang lain!

CATATAN: Di Kebumen, Anda juga bisa menjelajah objek wisata pantai yang mirip, yakni Pantai Menganti.

Alamat Lokasi

Bertetangga dengan banyak wisata pantai lain di area Gunung Kidul, seperti Pantai Krakal dan Pantai Indrayanti.

Perlu dicatat, walau akses jalur menuju pantai ini masih kurang memadai, tapi keseluruhan fasilitas yang ada di lokasi, insya Allah sudah baik.

Pule Gundes II

Sidoharjo

Tepus, Gunung Kidul

Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Maps

Rute Menuju Lokasi

Setelah tahu alamat lengkapnya — bahkan sak maps-e sekalian, silakan pilih mau dari jalur mana Anda akan datang.

Dari Jogja

Anda wisatawan lokal dari Jogja?

Langsung aja arahkan kendaraan Anda menuju Gunung Kidul lewat Jalan Wonosari. Ketemu Pasar Wonosari, langsung belok kanan ke arah Pantai Baron. Ikuti jalan sampai Anda menemukan papan nama Pantai Sadranan di sana.

Selain lewat Wonosari, Anda juga bisa menuju Sadranan lewat Jalan Imogiri dan Panggang.

Dari Klaten atau Solo

Secara teritori Jogja berbatasan langsung dengan Klaten lalu Solo.

Ya, kalau Anda dari Klaten atau Solo, tinggal gas saja ke arah Jogja dulu, baru ikuti rute yang tersebut di atas.

Jalur yang lazim dilewati dari Klaten atau Solo adalah jalur Prambanan.

Harga Tiket Masuk

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati eloknya Sadranan yang tergolong masih perawan ini.

Cukup siapkan retribusi Rp. 10.000,-/orang untuk masuk ke area wisata Sadranan.

Untuk biaya parkir, harganya pun normal. Antara Rp 2.000,- s/d Rp. 5.000,-, tergantung kendaraan apa yang Anda bawa ke lokasi.

Buka Jam Berapa

Gak usah tanya, buka jam berapa.

Karena Sadranan memang buka selamanya. #halah

Maksudnya, Pantai Sadranan buka selama 24 jam, gaes. Jadi, Anda mau datang dini hari pun OK. Datang malam-malam pun afdal.

Fasilitas

Seperti yang sudah sempat disebutkan sebelumnya, kalau fasilitas di pantai ini sudah terkelola dengan cukup baik.

Jadi, jangan berpikir kalau pantai yang masih sepi pengunjung ini tidak diurus ya.

Berikut fasilitas yang bisa Anda manfaatkan atau nikmati.

Snorkeling

Kalau Anda biasa snorkeling di Pantai Nglambor, misalnya — Anda juga bisa melakukannya di Sadranan.

Mulai dari terumbu karang sampai para makhluk laut yang unik dan menarik akan membuat Anda merasa rugi, kalau Anda melewatkan aktivitas menyelam ini.

Biaya snorkeling: Rp. 50.000,-/jam.

Camping

Camping? Di pesisir pantai?

Sangat enjoy sekali, saudara saudari!

Menikmati keindahan alam Sadranan dari dalam tenda sambil menginap dengan alat dan bahan makanan seadanya (tidak selengkap hotel), tentu menjadi cerita tersendiri yang seru.

Rafting

Mau merasakan ombak di Sadranan?

Bisa banget.

Langsung cari penyedia jasa rafting di sekitar lokasi untuk mulai “mengapung” menikmati deburan ombak Sadranan.

Biaya rafting: Rp. 30.000,-/orang.

Sunset

Tidak hanya sunset, sunrise juga mustinya Anda pastikan tidak melewatkannya.

Anda aja amaze dan ingin menyaksikan, bagaimana dengan mereka — para wisatawan pemburu foto terbaik, yang mungkin rela berpeluh-peluh untuk menyiapkan gears mereka agar mendapatkan foto terbaik.

Indah tiada dua.

Hotel dan Penginapan

Berikut merupakan beberapa tempat menginap, baik berbentuk hotel, penginapan, homestay, losmen, atau villa yang bisa Anda pilih ketika Anda berwisata ke Sadranan.

Homestay

  • Penginapan Bukit Seribu (649 m)
  • Budget Room at Penginapan ENDJ (685 m)
  • 2 Bedroom Cottage B Winahyu Resort (5,68 km)

Guest House

  • Eco Room Winahyu Resort (5,68 km)

B&B

  • Kampoeng Baron Guest House (5,97 km)

Pantai Dekat Sadranan

Berdasarkan data yang kami dapat dari Google Maps, Anda bisa juga main-main ke pantai lain selain Sadranan.

Kenapa kami rekomendasikan?

Ya, alasan utama — jelas — karena dekat.

Ngapain udah jauh-jauh melancong, kenapa gak sekalian aja.

Gitu kan?!

Berikut daftarnya:

  1. Pantai Ngandong
  2. Pantai Sundak
  3. Pantai Pulang Sawal
  4. Pantai Drini
  5. Pantai Baron
  6. Pantai Siung
  7. Pantai Ngobaran
  8. Pantai Ngrenehan
  9. Pantai Krakal
  10. Pantai Wediombo
  11. Pantai Jungwok
  12. Pantai Pok Tunggal

Sejarah

Mungkin Anda penasaran, kenapa sih dinamakan Sadranan. Seperti Pantai Menganti yang memiliki sejarah unik dalam penamaan, Sadranan pun punya kisahnya sendiri.

Ternyata nama Sadranan berasal dari kata nyadran.

Apa itu?

Dalam versi Wikipedia, nyadran adalah serangkaian upacara masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah untuk membersihkan makam para leluhur mereka.

Aktivitas pembersihan makam ini biasanya juga diiringi dengan ritual tabur bunga dan kenduri selamatan yang dilakukan di makam leluhur.

Dalam prakteknya, istilah nyadran ini meluas meliputi aktivitas sedekah laut yang juga biasa dilakukan penduduk setempat.

Kata nyadran inilah yang akhirnya menjadi nama Sadranan.

Mitos

Silakan skip bagian ini, kalau Anda termasuk yang parno sama cerita yang berbau mistis atau misteri.

Long story short, adas seorang pedagang bakpao yang dipanggil oleh seorang pria untuk dibeli barang dagangannya.

Ketika dalam proses transaksi, si pedagang menceritakan kalau selain seorang pria tersebut, masih ada dua pria lagi dan satu wanita dalam rombongan.

Semuanya duduk di lokasi patahan tebing.

Ketika si pedagang hendak menyerahkan bakpao yang dipesan, keempat orang tersebut sudah tidak ada. Sama sekali.

Lepas dari kisah di atas, ada baiknya Anda — terutama yang muslim — untuk selalu meminta perlindungan pada Allah sebelum memasuki daerah yang baru. Tak terkecuali pantai agar selamat.


FAQ

Apakah Pantai Sadranan ramah anak?

Berdasar review yang kami dapat dari TripAdvisor, deburan ombak tidak langsung mengenai bibir pantai, namun terhalang dulu oleh pulau karang yang ada.

Untuk bermain air, insya Allah laut dangkalnya cukup luas, sehingga anak bisa bermain di sana. Tentunya dengan diawasi oleh orang yang lebih tua (orangtua).

Pun, untuk bermain yang super duper aman bisa. Cukupkan saja anak-anak bermain di area hamparan pasir putih yang mana bisa mengembangkan imajinasi mereka.

Spot-spot wisata lainnya yang bisa Anda datangi

  • Madakaripura

    Menjelajahi Madakaripura di Probolinggo! Cek informasi tentang harga tiket masuk, jam buka, alamat lokasi, rute, dan fasilitas yang ada di sini. Ta ...

  • Merapi Park

    Keliling dunia di Merapi Park! Cek informasi tentang harga tiket masuk, alamat lokasi, rute, dan fasilitasnya di sini. Jogja emang gak ada matinya! ...

  • Pantai Menganti

    ...  ke Pantai Menganti Jawa Tengah! Cek informasi tentang harga tiket masuk, alamat lokasi, rute, fasilitas, dan hotel terdekat di ...

  • Devoyage Bogor

    Liburan ke Eropa di Devoyage Bogor! Cek informasi tentang harga tiket masuk, alamat lokasi, rute, dan hotel terdekat di sini. Sekarang Anda gak per ...

  • Eling Bening

    Panorama luar biasa di Eling Bening! Cek informasi harga tiket masuk, alamat lokasi, rute, fasilitas, dan hotel terdekat di sini. Semarang tidak ha ...

Tinggalkan komentarmu, gaes...